Selasa, 23 Februari 2016

Contoh Proposal Bantuan Cultivator



PROPOSAL
KELOMPOK TANI “GOLO RI’I”
DESA WAE RI’I  KECAMATAN  WAE RI’I
KABUPATEN  MANGGARAI
Alamat : Desa Wae Ri’i, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai

Nomor             : 01/KT-GR/MGR/II/2016          Ruteng, 24 Pebruari    2016
Lampiran         : 1 (satu) berkas
Perihal             : Proposal Mesin Pertanian Cultivator

Kepada Yth.
Bupati Manggarai
  Cq. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura
        Kabupaten  Manggarai
di –
                      R u t e n g

Dengan hormat,
Bersama ini kami sampaikan kepada Bapak  proposal Mesin Pertanian Cultivator   dari Kelompok Tani Golo Ri’i, Desa Wae Ri’i, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai dalam rangka mendukung usaha pengolahan lahan pertanian untuk pengembangan komoditi  hortikultura dan komoditi pertanian lainnya.

Kami sangat berharap agar Bapak Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura   Kabupaten Manggarai  memberikan perhatian pada  usaha kami melalui bantuan alat Cultivator yang saat ini kami butuhkan.

Demikian usulan kami ini, atas perhatian bapak terdahulunya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami
Kelompok Tani
“Golo Ri’i”
Ketua Kelompok,




...........................









Mengetahui
Kepala Desa Wae Ri’i,



.......................

Penyuluh
Desa Wae Ri’i



............................





A.  LATAR BELAKANG
      Penggunaan alat dan mesin pertanian sudah sejak lama dilakukan  dan perkembangannya  mengikuti perkembangan kebudayaan manusi. Pada awalnya alat dan msin pertanian masih sederhana dan terbuat dari batu atau kayu kemudin berkembang menjadi bahan logam. Susunan alat ini mula-mula sederhana, kemudian sampai ditemukannya alat  mesin pertanian yang kompleks. Dengan dikembangkannya pemanfaatan sumber daya alam dengan motor secara langsung mempengaruhi perkembangan dari alat mensin pertanian.
            
        Sesuai dengan defenisi dari mekanisasi pertanian (agriculture mechanization), maka penggunaan alat mekanisasi pertanian adalah untuk meningkatkan daya kerja manusia dalam proses produksi pertanian dan dalam setiap tahapan dari proses produksi tersebut selalu memerlukan alat mesin pertanian.

     Langka dan mahalnya tenaga kerja di sektor pertanian menjadi masalah yang umum bagi para petani, kondisi ini  menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya usaha tani yang dijalani. Hal ini dialami juga oleh Kelompok Tani Goli Ri’i di Desa Wae Ri’i, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai dalam mengembangkan usaha budidaya hortikultura. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah tersebut  dengan menggunakan  alat mesin pertanian, dalam hal ini adalah penggunaan alat Cultivator yang merupakan alat penyiangan rumput sekaligus sebagai alat penggembur tanah pada lahan kering, yang tentunya sangat tepat dan cocok untuk digunakan di lahan hortikultura yang saat ini digarap para petani.

     Penggunaan Cultivator ini tidak banyak berbeda dengan peralatan pengolah tanah lainnya. Penyiangan dengan peralatan mekanis ini bertujuan; memberantas tanaman pengganggu, memperbaiki aerasi tanah, mempertahankan kadar lengas tanah, memacu kerja mikroorganisme lebih aktif, mengmbangkan penyediaan unsur hara dalam tanah, menggemburkan tanah agar penetrasi akar tanaman pokok lebih mudah.


B.  GAMBARAN KELOMPOK TANI
Kelompok Tani Golo Ri’i    telah dibentuk sejak tahun 2008,  masuk dalam  kategori kelas kemampuan kelompok Lanjut yang dikukuhkan pada tahun 2015.  Jumlah anggota kelompok sebanyak  30 orang yang semuanya berdomisili di Desa Wae Ri’i  Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai. Telah mengembangkan berbagai macam komoditi pertanian seperti tanaman pangan (padi dan jagung), tanaman hortikultura (cabe, tomat, brokoli, sawi putih, selada darat, boncis, Kacang Panjang dll) serta  tanaman perkebunan (Kopi dan Cengkeh). Kelompok tani Golo Ri’i belum memiliki  mesin pertanian yang dapat membantu  pengolahan tanah di lahan pertaniannya.  

C. MAKSUD DAN TUJUAN
  1.  Mempertinggi efisiensi tenaga manusia
  2. Meningkatkan derajad dan taraf hidup petani
  3. Menjamin kenaikan kuntitas dan kualitas serta kapasitas produksi pertanian
  4. Memungkinkan pertumbuhan tipe usaha tani yaitu dari tipe pertanian untuk kebutuhan keluarga menjadi tipe pertanian komersil.

D.   DASAR PELAKSANAAN
Dasar Pelaksanaan Kegiatan ini adalah :
1. Program Pemerintah Kabupaten Manggarai  melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura
2.    Program Kerja Pemerintah Kecamatan Wae Ri’i
3.    Program Kerja Pemerintah Desa Wae Ri’i

E.     KEBUTUHAN USAHA PENGOLAHAN LAHAN HORTIKULTURA
       Dalam rangka pengembangan berbagai macam tanaman tanaman hortikultura Kelompok Tani   Golo Ri’i   Desa Wae Ri’i,  Kec. Wae Ri’i, membutuhkan   alat mesin pertanian Cultivator sebanyak : 2 Unit.

F.     STRUKTUR KELOMPOK TANI
(Terlampir)

G.    PENUTUP
           Demikian proposal ini kami buat untuk mendapat perhatian Bapak Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  Kabupaten Manggarai sebagai bentuk dukungan bagi kami dalam mengembangkan usaha komoditi hortikultura    di desa Wae Ri’i.

  Atas perhatian dan bantuan Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Kelompok Tani
“Golo Ri’i”
Ketua Kelompok,




...........................









Mengetahui
Kepala Desa Wae Ri’i,



.......................

Penyuluh
Desa Wae Ri’i



............................



1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus