Senin, 22 Februari 2016

CONTOH PROPOSAL BUDIDAYA BROKOLI



A.  LATAR BELAKANG
Brokoli adalah salah satu sayuran yang saat ini  sangat populer bagi masyarakat di Indonesia. Masuk pertama kali di Indonesia pada tahun 1970, tanaman brokoli tidak membutuhkan waktu lama untuk memperoleh banyak konsumen. Hal ini disebabkan oleh rasa dari sayuran ini yang sangat enak dan sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu bahan masakan sayuran, terlebih lagi brokoli diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Beberapa khasiat sayur brokoli bagi tubuh yakni dapat meningkatkan produksi protein di dalam tubuh. Kemudian kandungan nutrisi yang terdapat di dalam brokoli juga dapat membantu melindungi jantung kita dari sel-sel yang bersifat merusak. Selain itu, konsumsi brokoli secara rutin juga dapat menurunkan resiko timbulnya kanker, serangan jantung, stroke, anemia, dan juga penyakit katarak.

Brokoli pada umumnya ditanam di daerah yang berhawa sejuk, di dataran tinggi 1000–2000 m dpl dan bertipe iklim basah. Brokoli akan mencapai pertumbuhan optimum pada tanah yang banyak mengandung humus, gembur, porus, dengan pH tanah antara 6–7. Waktu tanam yang baik adalah pada awal musim hujan atau awal musim kemarau. Namun demikian brokoli dapat ditanam sepanjang tahun dengan pemeliharaan lebih intensif.

Desa Wae Rii merupakan salah satu desa di Kecamatan Wae Ri’i terletak di dataran tingggi 1.100 – 1.300 dpl,  memiliki lahan yang subur dan cocok  untuk pengembangan tanaman Brokli.

B.  GAMBARAN KELOMPOK TANI
   Kelompok Wanita Tani   Perintis    telah dibentuk sejak tahun 2012.  Jumlah anggota kelompok sebanyak  30 orang yang semuanya berdomisili di Desa Wae Ri’i  Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai. Memiliki lahan untuk pengembangan Brokoli seluas 1 Ha.


C. MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Terpenuhinya kebutuhan gizi bagi keluarga.
2.      Memenuhi permintaan pasar.
3.      Meningkatkan kesempatan kerja / kesempatan berusaha
4.      Meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani sayur.

D.   DASAR PELAKSANAAN
Dasar Pelaksanaan Kegiatan ini adalah :
1. Program Pemerintah Kabupaten Manggarai  melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura
2.    Program Kerja Pemerintah Kecamatan Wae Ri’i
3.    Program Kerja Pemerintah Desa Wae Ri’i

E.     KEBUTUHAN USAHA BUDIDAYA BROKOLI
Dalam rangka pengembangan usaha budidaya Brokoli Kelompok Wanita Tani   Perintis   Desa Wae Ri’i Kec. Wae Ri’i, membutuhkan  benih dan saprodi sebagai berikut :
1.    Benih Brokoli                : 1 Paket                               
2.    Pupuk Bokashi             :  2 Ton                                            
3.    Pestisida                      :  1 Paket

F.  STRUKTUR KELOMPOK TANI
(Terlampir)


G. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat untuk mendapat perhatian Bapak Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  Kabupaten Manggarai sebagai bentuk dukungan bagi kami dalam mengembangkan Budidaya Brokoli  di desa Wae Ri’i.

Atas perhatian dan bantuan Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

Kelompok Wanita Tani
“Perintis”
Ketua Kelompok,




............................









Mengetahui
Kepala Desa Wae Ri’i,



..................................

Penyuluh
Desa Wae Ri’i



................................




Tidak ada komentar:

Posting Komentar